Perancangan
Bahasa Pemrograman
Sumber
Perancangan Bahasa Pemrograman
Sumber
perancangan bahasa pemrograman yaitu :
·
Bahasa alami (natural language)
Konstruksi
yang diturunkan dari bahasa alami, karena bahasa alami dapat digunakan sebagai
panduan untuk perancangan sintaks.
·
Ilmu Matematika
Banyak
dipakai untuk aturan-aturan yang terdapat pada bahasa pemrograman, misalnya
ekspresi matematika.
·
Bahasa pemrograman yang telah ada
Bisa
menjadi sumber yang bagus untuk perancangan bahasa pemrograman, tetapi perlu
ketelitian saat menggunakannya, karena bahasa tersebut mungkin mengandung
masalah yang serius, contoh GO TO.
Tujuan
Perancangan Bahasa Pemrograman
Tujuan
perancangan bahasa pemrograman adalah sebagai berikut.
·
Komunikasi dengan manusia
Karena sebuah program yang baik adalah suatu program yang
mudah dimengerti dan dipahami.
·
Pencegahan dan deteksi kesalahan
Bahasa pemrograman yang baik harus dapat mengidentifikasi
error yang mungkin terjadi, mempermudah deteksi kesalahan dan menghilangkan
kesalahan.
·
Usability(mudah dipelajari)
Berkaitan dengan aspek kenyamanan seorang pemrogram
menggunakan bahasa, karena bahasa pemrograman yang baik harus dapat dipelajari
dan mudah diingat karena berkaitan dengan kenyamanan programmer dalam
menggunakan bahasa pemrograman.
·
Efektifitas pemrograman
Merupakan bagian dari rekayasa perangkat
lunak yaitu bagaimana mancatat keputusan yang dibuat selama mengembangkan
program.
·
Compilability (tidak terlalu kompleks)
Pengembangan sebuah kompilator merupakan
pekerjaan yang tidak sederhana.
·
Efisiensi
Peningkatan yang signifikan dalam
efisiensi bisa didapat
dengan membuat bahasa lebih sederhana untuk menghasilkan kode yang efisien.
·
Machine independent (tidak bergantung pada
satu mesin)
Sebuah program yang telah sukses
dikompilasi dan dieksekusi pada suatu mesin, saat dipindahkan ke mesin lainnya
akan berjalan dengan input dan output yang tepat sama.
·
Kesederhanaan (simplicity)
Kesederhanaan dapat dicapai melalui :
pembatasan-pembatasan tujuan dan perhatian pada keterbacaan.
·
Uniformity
Yaitu mengerjakan hal yang sama dengan
cara yang sama dan menjelaskan bagaimana menghilangkan kasus khusus.
·
Orthogonality
Setiap fungsi bekerja tanpa mengetahui
struktur dari yang lain.
·
Generalisasi dan Spesialisasi
Dasar pemikiran “jika dibolehkan melakukan
ini, maka lakukanlah hal yang lain dengan cara serupa”
Detail
Perancangan Bahasa Pemrograman
Berikut adalah detail perancangan pemrograman.
·
Microstructure
o Mencakup
masalah-masalah dalam perancangan bahasa yang mempengaruhi penampilan bahasa
tapi tidak mengubah semantiknya.
o Aspek
terendah adalah set karakter yang dipergunakan.
o Contoh
Keyword
: SIZE
Penggunaan
Komentar : //, *, { }
·
Struktur Ekspresi
o Salah
satu topik berhubungan dengan ekspresi adalah urutan dari evaluasinya. Metode
yang biasa dipergunakan untuk menentukannya berdasar pada dua tingkatan sebagai
berikut :
1.
Explicit bracketing:
menggunakan
karakter seperti ‘(‘,’)’,’[‘,’]’ untuk membatasi ekspresi.
2.
Operator binding:
beberapa
penggunanya dengan binding:
a)
Kiri ke kanan.
b)
Kanan ke kiri.
c)
Berdasar prioritas.
·
Struktur Data
o
Deklarasi Data
-
Konstanta
Berguna
untuk menuliskan konstanta untuk berbagai tipe data.
Contoh
: CONST PI = 22/7
-
Type
Pendekalrasian
type atau dalam konstruksi struktur yang lebih kompleks, akan mempermudah
penulisan dan readability.
Contoh
: TYPE MATRIKS = ARRAY [1..100, 1..100] OF INTEGERE
-
Variabel
Contoh
: VAR a, b, c : integer
o
Tipe – tipe data yang disediakan dalam
bahasa pemrograman
-
Sederhana -> Tipe Data Dasara
-
Gabungan -> Array, Record
-
Kompleks -> Tree, Stack, Quee
o
Strategi alokasi storage
-
Alokasi static
-
Alokasi local, dinamis dan otomatis :
Store Procedure
-
Retention : tidak banyak digunakan
o
Lingkup dari variabel
-
Batasan untuk mengurangi kompleksitas
system
-
Biasanya dilakukan pembatasan interaksi
antara segmen yang berbeda
-
Misal : penggunaan BEGIN – END untuk
memulai suatu prosedur atau suatu algoritma
·
Struktur Kontrol
o
Begin – End
o
If – Then – Else
o
Case – Of
o
Repeat – Until
o
For – End
·
Struktur Kompilasi
o Tahapan
yang berhubungan dengan proses kompilasi, sebagai contoh dalam bahasa C pada
saat kompilasi ada beberapa file yang terpisah sehingga membutuhkan menyisipkan
file tersebut dengan menggunakan perintah Include.
·
Struktur I/O
o
Merupakan fasilitas untuk menangani
masukan dan keluaran
o
Tingkatan :
-
Bentuk Format Free
Berguna
untuk komunikasi sederhana bagi para programmer untuk memeriksa kebenaran
program. Programmer bisa menampilkan dengan mudah nilai dari variable dan untuk
memeriksa secara cepat lojik dari program pada sekumpulan input data.
-
Bentuk Formatted
Nilai
setiap variable dalam masukan atau keluaran ditulis atau dibaca sesuatu dengan
format yang ditentukan, misalnya panjang dari field dan tipe data.
Contoh
:
Jika
x=4 dan s=“nama”, maka
printf
(“nilai x adalah %d \n nilai s adalah %s”, x,s)
Maka
output :
nilai
x adalah 4
nilai
s adalah nama.
Skenario
Perancangan Pemrograman
·
Tentukan
apa yang diinginkan.
·
Tentukan
feature yang mungkin
·
Tentukan
desain dan sesuaikan dengan featurenya
·
Tentukan
rincian, parsing, dan error checking.
·
Tuliskan
user manual dan help.
·
Evaluasilah,
jika salah mulai lagi dari langkah 3.
·
Jika
sudah benar, optimisasilah dan uji segala kemungkinan.
·
Cobakan
kepada pengguna, tunggu reaksinya.
·
Perbaiki
bug dan mulai versi baru.
No comments:
Post a Comment